Pemanfaatan Zoom Meeting Sebagai Solusi Pembelajaran Interaktif Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.22
Keywords:
pelatihan, zoom meeting, pembelajaran, siswa, sma panti budaya
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Sebagai upaya untuk mengurangi persebaran Covid-19 di Indonesia, maka pemerintah Indonesia menerapkan suatu kebijakan physical distancing, yaitu anjuran menjaga jarak diantara masyarakat, mengurangi jenis aktivitas yang melibatkan banyak orang secara langsung, menghindari kerumunan, perkumpulan, dan mengurangi berbagai aktivitas di ruang terbuka. Adanya penetapan kebijakan physical distancing selanjutnya menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran secara online, mulai dari tingkat PAUD hingga jenjang perguruan tinggi. Kebijakan physical distancing tersebut menyebabkan guru dan siswa diwajibkan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi selama pandemi dengan melakukan proses pembelajaran daring. Untuk itu dibutuhkan aplikasi seperti Zoom Meeting, sebagai multimedia interaktif dalam pembelajaran online di masa pandemi. Meskipun demikian, penggunaan aplikasi tersebut menimbulkan permasalahan baru dikarenakan tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran online dengan baik. Walaupun sebelumnya sekolah telah memberikan sosialisasi terhadap siswa cara penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring, namun masih banyak siswa yang belum familiar dan belum memahami dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya minat dan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan itu, pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberi pelatihan bagi siswa SMA Panti Budaya mengenai cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting di Laptop dan HP Android. Pelatihan ini bertujuan memanfaatkan Zoom Meeting sebagai solusi pembelajaran interaktif, dan menarik untuk memaksimalkan proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Peserta pelatihan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas XII pada SMA Panti Budaya. Hasil dari pelatihan ini, siswa SMA Panti Budaya dapat praktik memanfaatkan Zoom Meeting dalam proses pembelajaran daring dengan baik.
References
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Deepublish
Duha, Y. (2022). Sosialiasi dan Pemanfaatan Transformasi Digital Sistem Manajemen Kebun Sawit (SIMAKS) Menggunakan Smartphone Pada Kelompok Tani Rawa Subur Desa Gabung Makmur. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.16
Fatimah, S. (2022). Dampak Pornografi Terhadap Perkembangan Perilaku Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 2(2), 49–52. https://doi.org/10.36656/jpmph.v2i2.824
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive And Fun Education Seminar, 586–588.
Lase, A. (2022). Pelatihan dan Praktek Pembuatan Sabun Cuci Sunlight di Desa Onozalukhu, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.12
Lase, F., & Halawa, N. (2022). Menjaga Dan Mendidik Anak Di Era Digital Terhadap Bahaya Pornografi. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.21
Magdalena, M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi Covid-19. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.14
Mazda, C. N., & Fikria, A. N. (2021). Analisis Efektifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(2), 1–9.
Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.445
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., & Amalyaningsih, R., C., F. A. A., & F., A. A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Uin Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal Of Science Learning, 1(1), 32–36.
Sitompul, J. N., Saragih, R., Nurhayati, N., & Gultom, I. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Siswa-Siswi SMA Negeri 6 Binjai. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.13
Sunreni, S., Mallisza, D., Chandrayanti, T., Syafitri, Y., Begawati, N., & Haryati, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Kelompok Wanita Tani Bunga Tanjung Sejahtera Di Koto Panjang Ikua Koto Padang. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.15
Waruwu, L. (2022). Sosialisasi Dasar-Dasar Dukungan Psychological First Aid Pada Organisasi Palang Merah Indonesia Di Kabupaten Nias Utara. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32–37. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.17
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.
Zega, A. (2022). Sosialisasi Prosedur Pelaksanaan Magang 1 Di Sekolah Terhadap Mahasiswa Peserta Magang 1 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44–48. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.19
Ziliwu, D., Bawamenewi, A., Lase, S., Telaumbanua, K. M. E., & Dakhi, O. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2316–2323. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2436
Downloads
Published
2022-08-13
How to Cite
Siagian, Y., Putra, G. M., & Syah, A. Z. (2022). Pemanfaatan Zoom Meeting Sebagai Solusi Pembelajaran Interaktif Di Masa Pandemi. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Page 69–75. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.22
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2022 Yessica Siagian, Guntur Maha Putra, Arridha Zikra Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DOI:
https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.22Keywords:
pelatihan, zoom meeting, pembelajaran, siswa, sma panti budayaAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Sebagai upaya untuk mengurangi persebaran Covid-19 di Indonesia, maka pemerintah Indonesia menerapkan suatu kebijakan physical distancing, yaitu anjuran menjaga jarak diantara masyarakat, mengurangi jenis aktivitas yang melibatkan banyak orang secara langsung, menghindari kerumunan, perkumpulan, dan mengurangi berbagai aktivitas di ruang terbuka. Adanya penetapan kebijakan physical distancing selanjutnya menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran secara online, mulai dari tingkat PAUD hingga jenjang perguruan tinggi. Kebijakan physical distancing tersebut menyebabkan guru dan siswa diwajibkan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi selama pandemi dengan melakukan proses pembelajaran daring. Untuk itu dibutuhkan aplikasi seperti Zoom Meeting, sebagai multimedia interaktif dalam pembelajaran online di masa pandemi. Meskipun demikian, penggunaan aplikasi tersebut menimbulkan permasalahan baru dikarenakan tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran online dengan baik. Walaupun sebelumnya sekolah telah memberikan sosialisasi terhadap siswa cara penggunaan beberapa aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring, namun masih banyak siswa yang belum familiar dan belum memahami dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya minat dan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan itu, pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberi pelatihan bagi siswa SMA Panti Budaya mengenai cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting di Laptop dan HP Android. Pelatihan ini bertujuan memanfaatkan Zoom Meeting sebagai solusi pembelajaran interaktif, dan menarik untuk memaksimalkan proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Peserta pelatihan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa kelas XII pada SMA Panti Budaya. Hasil dari pelatihan ini, siswa SMA Panti Budaya dapat praktik memanfaatkan Zoom Meeting dalam proses pembelajaran daring dengan baik.
References
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Deepublish
Duha, Y. (2022). Sosialiasi dan Pemanfaatan Transformasi Digital Sistem Manajemen Kebun Sawit (SIMAKS) Menggunakan Smartphone Pada Kelompok Tani Rawa Subur Desa Gabung Makmur. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.16
Fatimah, S. (2022). Dampak Pornografi Terhadap Perkembangan Perilaku Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 2(2), 49–52. https://doi.org/10.36656/jpmph.v2i2.824
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive And Fun Education Seminar, 586–588.
Lase, A. (2022). Pelatihan dan Praktek Pembuatan Sabun Cuci Sunlight di Desa Onozalukhu, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.12
Lase, F., & Halawa, N. (2022). Menjaga Dan Mendidik Anak Di Era Digital Terhadap Bahaya Pornografi. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.21
Magdalena, M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi Covid-19. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.14
Mazda, C. N., & Fikria, A. N. (2021). Analisis Efektifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(2), 1–9.
Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.445
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., & Amalyaningsih, R., C., F. A. A., & F., A. A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Uin Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal Of Science Learning, 1(1), 32–36.
Sitompul, J. N., Saragih, R., Nurhayati, N., & Gultom, I. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Siswa-Siswi SMA Negeri 6 Binjai. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–10. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.13
Sunreni, S., Mallisza, D., Chandrayanti, T., Syafitri, Y., Begawati, N., & Haryati, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Kelompok Wanita Tani Bunga Tanjung Sejahtera Di Koto Panjang Ikua Koto Padang. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.15
Waruwu, L. (2022). Sosialisasi Dasar-Dasar Dukungan Psychological First Aid Pada Organisasi Palang Merah Indonesia Di Kabupaten Nias Utara. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32–37. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.17
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.
Zega, A. (2022). Sosialisasi Prosedur Pelaksanaan Magang 1 Di Sekolah Terhadap Mahasiswa Peserta Magang 1 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44–48. https://doi.org/10.56248/zadama.v1i1.19
Ziliwu, D., Bawamenewi, A., Lase, S., Telaumbanua, K. M. E., & Dakhi, O. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2316–2323. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2436
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yessica Siagian, Guntur Maha Putra, Arridha Zikra Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.