Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Daun Sirsak Di Kabupaten Musi Rawas

Authors

  • Novianto Universitas Musi Rawas
  • Yasser Yoga Triandi Universitas Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.56248/zadama.v2i1.48

Keywords:

daun sirsak, pestisida nabati

Abstract

Pestisida merupakan substansi kimia dan campuran bahan lain yang digunakan untuk mencegah dan mengendalikan berbagai hama, salah satu pestisida yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengendalikan serangan hama yaitu menggunakan pestisida nabati yang berbahan baku organ tumbuhan yaitu daun sirsak, yang mengandung beberapa senyawa aktif seperti annonain, tanin, dan acetogenin. Tujuan dilakukannya sosialisasi melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu memberikan pengetahuan tentang manfaat dan pentingnya penggunaan pestisida nabati yang syarat ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam PKM ini menggunakan metode survey, observasi, sosialisasi, penyuluhan dan demonstrasi. Hasil kegiatan PKM secara keseluruhan rangkaian tahapan yang telah dilaksanakan mendapat respon positif dari masyarakat baik kelompok tani maupun pemerintah setempat pada saat dilaksanakannya sosialisasi, penyuluhan dan demonstrasi pembuatan pestisida nabati berbahan daun sirsak. Kegiatan sosilisasi dan penyuluhan PKM ini penting dilakukan agar memperoleh hasil yang maksimal dalam pencegahan dan pengendalian hama tanaman, yang selama ini dalam pengendalian hama masih banyak petani menggunakan pestisida berbahan kimia, yang memiliki resiko berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya, yang mana pada saat pengapliaksian pestisida kimia tersebut meninggalkan sisa residu pada tumbuhan dan tanah.

References

Harahap, S., & Yanti, D. P. (2022). Sosialisasi Penerapan Pestisida Nabati Ekstrak Daun Siri-Siri (Piper Aduncum L) Dalam Mengendalikan Penyakit Karat Daun (Pucciniaarachidis) Pada Kacang Tanah (Arachishypogaea L.) Di Losung Batu. Jurnal Nauli, 1(2), 17-22.

Keewa, M., Almet, J., & Laut, M. (2020). Median Lethal Concentration (Lc50) Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata Linn) Terhadap Larva Culex Sp Di Kota Kupang. Jurnal Kajian Veterine, 8 (2), 147-152.

Presson, J., Gelyaman, G. D., Kedang, Y. I., Kolo, S. M. D., Seran, R., Edi, E., & Kolo, M. M. (2019). Potensi Ekstrak Tanaman Sebagai Pestisida Alami Di Desa Salu Kecamatan Miomafo Barat Kabupaten TTU. Bakti Cendana, 2(2), 71-75.

Rahmawati, R., Syarief, M., Jumiatun dan Djenal. (2019). Potensi Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata) Pada Pengendalian Hama Penghisap Polong (Riptortus linearis) Tanaman Kedelai. Jurnal Agriprima,. 3(1), 22-29.

Ramadhan, R. A. M., & Firmansyah, E. (2022). Daun Sirsak (Annona muricata) sebagai Pestisida Nabati pada Sistem Budidaya dalam Ember. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 151-157.

Sanjaya, A., Yaku, A., & Lindongi, L. E. (2017). Penggunaan Ekstrak Daun Sirsak, Daun Babadotan, Serai, Daun Pepaya, dan Buah Mengkudu Sebagai Insektisida Nabati Dalam Pengendalian Plutella Xylostella (Lepidoptera: Plutellidae) pada Tanaman Sawi. Agrotek, 5(6), 51-57.

Sulainsyah, I., Ekawati, F., Hariandi, D., Obel, O., Ramadhan, N., & Martinsyah, R. H. (2019). Pembuatan Pestisida Nabati Sebagai Pionir Pada Kelompok Tani Harapan Baru Di Kenagarian Alahan Panjang Kabupaten Solok. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(3. b), 254-263.

Wahyudi, B. A. R., Wimpy, W., Purwati, P., Claristya, A. C. Y., Prameswari, C. C. A., & Kumala, D. (2021). Penyuluhan Potensi Daun Pepaya, Sirsak, dan Sirih sebagai Pestisida Nabati Guna Pengendalian Hama Di Perkebunan Kelurahan Danukusuman, Serengan, Surakarta. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(4), 395-406.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Novianto, & Triandi, Y. Y. (2023). Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Daun Sirsak Di Kabupaten Musi Rawas. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), Page: 29–35. https://doi.org/10.56248/zadama.v2i1.48